Latest News
Thursday, January 12, 2017

7 Fakta Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil

    Kita sering mendengar dari ibu atau nenek kita bahwa air kelapa muda sangat baik untuk dikonsumsi oleh para ibu yang sedang hamil. Ternyata hal tersebut bukanlah mitos, sebab penelitian ilmiah tentang air kelapa muda memang mempunyai manfaat bagi tubuh manusia khususnya bagi para ibu hamil. Analisis ini terbukti terkait dengan zat gizi dan nutrisi alami yang terkandung di dalam air kelapa yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini 7 fakta menarik mengenai manfaat air kelapa muda bagi ibu-ibu hamil

1. Elektrolit Alami 

Air kelapa muda kaya akan kandungan elektrolit, yaitu; klorida, kalsium, protasium, magnesium, sodium dan riboflavin yang bermanfaat untuk rehidrasi serta dapat memulihkan stamina tubuh. Ibu hamil sangat membutuhkan banyak air agar terhindar dari dehidrasi, dan air kelapa muda ini sangat cocok digunakan untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil.
 

2. Anti Penyakit

Air kelapa muda mengandung asam lauric yang berfungsi sebagai penawar racun dan anti penyakit. Asam lauric juga merupakan zat yang terdapat dalam air susu ibu serta memiliki karakter anti jamur, anti bakteri, dan juga anti virus.

 

 

3. Membantu Pencernaan

Selama masa kehamilan, plasenta akan memproduksi hormon progesteron yang akan memperlambat kontraksi otot lambung sehingga sistem pencernaan akan bekerja lambat. Air kelapa ini yang nantinya dapat memperbaiki fungsi pencernaan ibu.

 

4. Melancarkan Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan hal yang dikhawatirkan saat masa-masa kehamilan. Air kelapa sangat baik untuk membersihkan saluran kemih dan dapat melancarkan air seni yang akan mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

 

5. Mengatasi Heartburn pada Ibu Hamil

Heartburn biasanya ditandai dengan keluhan pada dada atau kepala yang terasa panas seakan-akan seperti terbakar. Heartburn akan sangat mengganggu kesehatan ibu hamil jika tidak cepat diaasi. Namun dengan mengkonsumsi air kelapa muda, keluhan heartburn dapat teratasi dengan baik.

 

6. Membantu Mengurangi Morning Sickness

Air kelapa dipercaya mempunyai khasiat sebagai anti muntah (antidote). sehingga air kelapa dapat mengurangi keluhan seperti pusing, mual dan muntah akibat morning sickness.

 

7. Mencegah Kram Kaki

Kram pada kaki seringkali dikeluhkan oleh ibu hamil, hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan kalium. Air dalam satu buah kelapa (330 ml) mengandung 670 mg kalium, sementara tubuh membutuhkan sekitar 4700 mg kalium saat hamil dan 3000 mg secara umum. Sebuah penelitian di Inggris menyatakan bahwa  kebutuhan kalium minimal 1600 mg. hal tersebut berarti bahwa jika anda memakan 3 jenis buah ataupun lauk selama sehari yang kaya kalium, anda tidak perlu lagi tambahan suplemen.

Itu tadi ulasan mengenai beberapa manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi anda semua...Selamat Mencoba.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: 7 Fakta Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil Rating: 5 Reviewed By: Atiqah Ainur Rahma