Claude Shannon : Biografi Claude Shannon Tokoh Hebat yang menjadi Doodle Google Hari ini

0
340
Claude Shannon

Timeslib.com   Sobat Timeslib, Kita tau bahwa Situs pencarian terbesar Google sering menampilkan hari hari besar atau tokoh dunia menjadi doodle mereka. Dan hari ini 30 April 2016 Google Doodle hari ini memperingati Hari lahir ke-100 dari Claude Shannon.. Siapakah Claude Shannon ini sehingga menjadi doodle google hari ini..?

Biografi Lengkap Claude Shannon

Claude Elwood Shannon dilahirkan di Petoskey, Michigan, pada hari Minggu, April 30, 1916. Ayahnya, Claude Sr. ( 1862-1934), yang keturunan New Jersey, adalah seorang pelaku bisnis dan Hakim. Ibunya, Mabel Wolf Shannon ( 1880-1945), putri dari imigran Jerman, adalah seorang guru bahasa dan selama beberapa tahun menjadi Kepala Sekolah Menengah Gaylord, di Gaylord, Michigan.
Sebagai anak laki-laki, Shannon menunjukkan suatu kecenderungan ke arah hal-hal mekanik. Mata pelajaran terbaiknya adalah ilmu pengetahuan dan matematika, dan di rumah ia membuat alat seperti model pesawat, model perahu dikendalikan melalui isyarat radio dan telegraf untuk rumah temannya yang berjarak setengah mil.

Pada tahun 1932 ia masuk Universitas Michigan. Claude terus mengasah pengetahuannya semasa kuliah, hingga akhirnya ia tamat dengan memperoleh dua gelar sarjana sekaligus, Tahun 1936 ia memperoleh derajat Sajana Muda Teknik Elektro dan Sajana Muda Matematika.

Hasil karya yang paling terkenal dihasilkan oleh Sarjanawan lulusan Teknik Elektro dai Massachusetts Institute of Technology (MIT) ini adalah terori Komunikasi, yang dilahirkan pada tahun 1949. Dimana dia memperkenalkan teori ini pada bidang Matematika, yang lebih terfokus pada transmisi data digital.

Claude Shannon juga menjadi tokoh penting yang mempengaruhi cikal bakal komputer. Alasanya adalah Claude Shannon ini adalah penemu dari istilah Binnary Digit atau biasa di singkat dengan “Bit”. Disamping itu, teori yang ia hasilkan ialah bahasa mesin, dimana saat kita dapat mengukur informasi yang dihasilkan oleh “bit” dan “byte” yang kita lambangkan dengan kode binary yakni “0″ dan “1″.

Selain matematikawan, Shannon juga dikenal sebagai ahli elektro, kriptografer, dan “bapak teori informasi”. Ia adalah salah satu penemu teori paling produktif di bidang informasi.
Dua di antara teori temuannya yang melegenda adalah teori desain komputer digital dan sirkuit digital. Keduanya dikemukakan ke publik pada 1937 silam.
Shannon bisa dikatakan jenius. Pada usia 21 tahun, ia sudah mengemban gelar master di Massachussetts Institute of Technology (MIT).

Salah satu jasanya adalah menganalisis pengkodean untuk badan pertahanan nasional AS selama Perang Dunia ke-2. Ia dipercaya atas kemampuan memecahkan kode dan menjamin keamanan telekomunikasi AS.

Meski telah tiada, peninggalan ilmunya terus dikenang hingga kini. Komputer analog dan komputer digital yang kita nikmati saat ini adalah buah dari penemuan teorinya di masa lalu. Maka dari itu , Hari ini 30 April 2016 atau tepat 100 tahun usia Claude Shannon, Google membuat doodle tentangnya.

Laman utama Google hari ini dihiasi doodle bernuansa biru. Ada ikon “Play” yang memisahkan suku kata “goo” dan “gle.

Jika menekan ikon tersebut, muncul seorang pria yang seakan bermain bola sirkus. Namun, bola sirkus itu tak berbentuk bulat, melainkan angka 1, 0, dan 0. Telinga sang pria pun disematkan simbol matematik “+”. Doodle tersebut di seumpamakan Shannon dengan penemuanta yaitu “Bit”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here