Mengatasi Masalah Touchscreen Tidak Responsive pada Xiaomi Redmi 5 Plus

0
434

Beberapa pengguna Xiaomi Redmi 5 Plus mengalami masalah pada touchscreen yang tiba-tiba menjadi tidak responsive. Dan ketika hal itu terjadi, smartphone harus dimatikan dan dihidupkan lagi dan akan menjadi normal lagi, namun beberapa saat kemudian akan menjadi unresponsive lagi.

Beberapa pengguna mengeluh di forum Xiaomi..

Redmi 5 Plus saya berusia sekitar 2 bulan sekarang, dan saya mengalami layar sentuh yang tidak responsif yang terjadi secara acak (secara acak seperti berselancar, mengetik, menonton video, atau bermain game) dan setelah saya mengunci layar dan membukanya lagi melalui sidik jari saya, ia berfungsi seperti biasa tetapi kemudian pada titik tertentu, itu akan kembali menjadi tidak responsif. Ponsel saya memiliki rom abal-abal, karena saya membelinya di toko online dan ROM Global belum dirilis sehingga mereka hanya menggunakan ROM khusus, apakah ini masalah terkait ROM? Perangkat: Redmi 5 Plus 32GB ROM 3GB RAM

Adakah orang di sini yang mengalami masalah pada layar sentuh. Tiba-tiba tidak menanggapi aplikasi apa pun. Perlu menghidupkan / mematikan layar untuk membuatnya berfungsi kembali. Saya telah melakukan pengaturan ulang pabrik dan melepas tempered glass yang terpasang, bahkan diperbarui ke perangkat lunak terbaru tetapi masih mendapatkan masalah yang sama. mode twrp masih menderita. Saya pikir masalahnya terletak pada bootloader. Survei di redmi 5 plus grup, banyak orang yang mengalami masalah touchscreen.

saya memiliki masalah yang sama. ada yang bisa memperbaiki masalah ini? 

Saya juga mengalami masalah ini 😔

Yap aku juga tolong selesaikan masalah ini !!!!

Lalu bagaimana solusinya?

Hingga saat Elppas menulis artikel ini, belum ada penjelasan mengenai masalah ini. Dari diskusi-diskusi di forum ada beberapa solusi yang dirasa berhasil, diantaranya:

  • Update system. Jika ROM masih abal-abal (versi distributor), ganti ROM dulu ke Global/Resmi.

Jika masih bermasalah bisa jadi ada masalah di konektor touchscreen.. Perhatikan gambar dibawah ini..

Entah yang mana konektor touchscreen, kemungkinan adalah salah satu dari dua yang ditandai itu. Konektor tersebut tidak ditutup plat seperti pada iPhone misalnya yang setiap konekotr LCD maupun bateri ditutup plat dan dikencangkan skrup lagi.

Pada Redmi 5 Plus beberapa konektor penting tidak ditutup plat dan dikencangkan skrup, namun hanya “ditekan” oleh spon/rubber di bagian backcover (casing belakang), perhatikan gambar ini..

Kemungkinan yang terjadi apabila touchscreen/layar sentuh Redmi 5 Plus kamu bermasalah adalah karena konektor LCD/touchscreen longgar/kurang kencang. Dan solusinya adalah coba untuk mengencangkan konektor touchscreen..

  1. Coba beri SEDIKIT tekanan dengan jempol kamu di casing belakang pada bagian sebelah kiri/kanan fingerprint sensor.
  2. Jika masih bermasalah. Coba buka backcover -keluarkan sim card tray, lalu congkel di bagian sisi bezel antara LCD dengan backcover dengan kuku atau opening tools- lalu cabut konektor baterai diamkan beberapa saat (+- 5menit) agar tidak ada aliran listrik, lalu cabut konektor touchscreen dan pasang kembali dengan benar, tutup kembali backcover.
  3. Jika masih bermasalah juga, sebaiknya bawa ke service center Xiaomi, manfaatkan garansi jika masih ada garansi.

Seorang pengguna telah berhasil mengatasi issue touchscreen ini dengan cara no. 2

Pertama, saya melepas penutup belakang. Kemudian saya melepas konektor layar dan baterai selama 5 menit. Setelah itu, saya menyambungkan kembali dan menambahkan beberapa pita tambahan pada karet lembut di sampul belakang. Saya perhatikan itu menipis karena tekanan-tekanan atau panas jadi mungkin menyebabkan konektor melonggar. Setelah menyalakan ponsel, semuanya tampak berfungsi lagi dan pembekuan layar sentuh hilang. Saya tidak yakin berapa lama bisa secara permanen menjadi solusi, tapi ya, berharap ini akan membantu Anda juga !. Selamat mencoba, bro.

Demikian informasi yang bisa Elppas sampaikan menganai solusi masalah touchscreen pada Xiaomi Redmi 5 Plus. Semoga bermanfaat. Btw, do with your own risk!
Sumber http://www.elppas.com/